Mengenal Jenis-Jenis Lemak dan Sumbernya

Mengenal Jenis-Jenis Lemak dan Sumbernya



Jenis-Jenis Lemak

Apa yang anda pikirkan saat mendengar kata lemak? Pasti yang ada dibenak anda yaitu benda berwarna coklat kekuningan, mengkilat, licin serta kadang-kadang berbau. Atau bila dikorelasikan dengan makanan, lemak kadang-kadang dikatakan sebagai tak sehat atau musuh diet. Tetapi sesungguhnya itu tak seutuhnya benar. Dalam jumlah spesifik, lemak dibutuhkan oleh badan untuk pembentukan sel, terlebih pada anak-anak. Mengapa lemak hingga dapat dikira demikian jahat merugikan kesehatan?

Pada intinya badan manusia menaruh makanan dalam dua bentuk. Gula otot atau glikogen serta lemak. Yang paling gampang penyimpananan itu yaitu berbentuk lemak lantaran dapat disimpan di bawah kulit dalam jumlah berapapun. Sedang glikogen tak dapat banyak disimpan bila massa otot anda kecil. Buat anda yg tidak pernah olahraga atau tak teratur olahraga, otot pasti tak berkembang baik. Tersebut mengapa pada akhirnya anda mempunyai cadangan lemak dibawah kulit pada bagian-bagian spesifik badan anda.

Lemak dibagi jadi dua type, yakni lemak jahat serta lemak baik, keduanya untuk badan manusia. Beberapa jenis lemak itu menurut ikatannya dibagi jadi 3 jenis yakni yaitu seperti berikut :
1. Lemak tidak jemu berikatan tunggal

Lemak ini baik untuk kesehatan bila dikonsumsi sehari-hari. Biasanya lemak type ini yaitu lemak nabati. Juga sebagai misal yaitu alpukat dengan buahnya dan zaitun dengan minyaknya.
2. Lemak tidak jemu berikatan ganda

Lemak ini baik dalam jumlah yang pas. Lemak ini terbagi dalam lemak esensial omega 6 serta omega 3. Lemak ini sangatlah disarankan dikonsumsi oleh anak-anak hingga bisa menolong perkembangan beberapa sel terlebih organ vital termasuk juga otak.
3. Lemak jenuh

Inilah yang dimaksud dengan lemak jahat. Lemak type ini susah untuk diolah oleh badan. Keunggulan lemak ini bakal tertimbun dibawah kulit serta aliran peredaran darah. Di pembuluh darah bisa mengakibatkan penyumbatan. Inilah salah satu pemicu penyakit jantung serta stroke. Biasanya lemak type ini didapat dari lemak hewani, untuk tersebut mengkonsumsi daging berlemak mesti kita batasi.

Salah satu manfaat lemak yaitu juga sebagai pelarut vitamin, yakni A, D, E serta K. Tanpa ada lemak, badan kita tak dapat menyerap vitamin itu. Walau sebenarnya vitamin ini sangatlah esensial untuk perubahan beberapa sel badan kita. Faedah lemak yang lain yaitu juga sebagai cadangan makanan serta membuat perlindungan organ-organ vital dengan berperan juga sebagai bantalan. Untuk tersebut ada pepatah yang menyampaikan bahwa tidak kenal jadi tidak sayang. Dengan mengetahui lemak apa sajakah kita jadi tak takut lagi konsumsi makanan yang berlemak. Sudah pasti dengan batasan yang sesuai sama saran kesehatan. Jadi, makanan berlemak? Tak takut lagi!

0 Response to "Mengenal Jenis-Jenis Lemak dan Sumbernya"

Posting Komentar

wdcfawqafwef